fbpx

MBAH MAEMOEN ZUBAIR KAGUMI 2 (DUA) KIAI INI

  • Bagikan
SORBANSANTRI.COM
Kyai Ihsan bin Dahlan Jampes dan Kyai Ahmad abu Fadlol Senori
SORBANSANTRI.COM
Kyai Ihsan bin Dahlan Jampes dan
Kyai Ahmad abu Fadlol Senori

cyberaswaja. Sekitar 7-8 tahun yang lalu, saat haflah ahir sanah Pondok Pesantren Tarbiyatunnasyi’in Paculgoang Jombang, KH Maemoen Zubair disela2 tausyiahnya menuturkan bahwa di bumi nusantara ini ada beberapa ulama yg beliau , bukan semata2 karena kealimannya,tetapi juga karena keunikanya. Diantaranya :

1. Kyai Ihsan bin Dahlan Jampes. Suatu saat beliau ( moen) di ajak abahnya (mbah zubair) silaturrahmi ke jampes untuk tabarrukan & mengenal lebih dekat sosok mbah Ihsan, melihat Sirojuttolibin karangan beliau yg begitu mendunia & begitu dikagumi banyak ulama2 nusantara hingga manca , tentulah beliau jg seorang kyai yg sangat mahir bebahasa arab (berdialog arab), karena itu tanpa sungkan2 mbah Zubair langsung memulai perbincangan dg berbahasa arab, tetapi mbah Ihsan selalu menyahutinya dg bahasa jawa Nggeh, nggeh yai (ya, ya yai) . . ,setelah lewat beberapa pembicaraan barulah mbah Ihsan berkata :” Ngapunten yai, ngagem boso jawi mawon, kulo niku saget maham kitab2, nanging kulo mboten saget ngendikan boso arab”. (Maaf yai, pakai bahasa jawa saja dialognya, saya itu bisa memaham kitab2 berbahasa arab, tetapi saya tidak mahir berbahasa arab).
Unik memang pengakuan beliau itu, sesuatu yg tidak lazim untuk seorang ulama yg punya karya sekaliber karya beliau, walau tidak menutup kemungkinan bahwa pengakuan itu semata hanyalah ungkapan tawadlu’ beliau.
Konon, Kyai Jazuli Ploso pun sempat keqi & heran melihat apa yg ada pada diri mbah Ihsan ini, saat beliau berdua sama2 mbalah kitab (meberikan pengajian dg membacakan kitab tertentu) di masjidil haram. Kyai Jazuli yg disamping dikenal akan keluasan ilmunya, jg sangat fasih lisannya, uraian2 beliau yg luas & serta mudah dipahami membuat orang tidak pernah bosan mendengarkan pengajiannya,tetapi meski demikian, yg mengikuti pengajian beliau selalu tidak sebanyak yg mengikuti pengajian mbah Ihsan, padahal mbah Ihsan hanya membacanya saja dg ma’na ala jawa & jarang sekali menguraikan atau menjabarkannya.

Baca Juga  KISAH MBAH MOEN BERTEMU NABI KHIDIR AS

2 . Kyai Ahmad abu Fadlol Senori. Karya2 beliau menunjukkan betapa luas perbendaharan kosa kata bahasa arab beliau, (mbah moen menyebutnya sang kamus berjalan), susunan & untaian bahasanya yg indah menawan,ma’na yg mendalam, serta dzauq (intuisi) bahasa arabnya yg terasa kuat mengakar. Seakan beliau seperti ulama yg sudah puluhan tahun mengenyam pendidikan di timur tengah. Padahal, jangankan bermukim di negara arab, pergi haji saja beliau belum sempat, mondokpun hanya di Jombang, itupun juga tidak lebih dari 7 bulan.
Mendengar cerita mbah Moen bahwa mbah Fadlol belum sempat menjalankan ibadah haji tentu semakin menambah keunikan beliau, mungkin karna beliau memang belum termasuk orang yg sudah berkewajiban menjalankan ibadah haji. Andai beliau menginginkannya, tentu masyarakat sekitar beliau atau orang2 kaya yg mengenal beliau akan berebut membantunya. Tetapi beliau bukanlah tipe orang yg memaksakan menjalankan sebuah ibadah yg belum menjadi sebuah tuntutan dalam dirinya baik tuntutan wajib ataupun sunah, karena cara yg demikian itu tentu akan bisa mengurangi nilai keihlasan dalam menjalankannya.

Dalam ulama2 kita dahulu, ternyata ada yg lebih unik lagi katimbang cerita itu, Al Qodli ibn Hani’ berkisah :
امامان ما اتفق لهما الحج، ابو اسحاق الشيرازي وقاضي القضاة ابو عبد الله الدامغان، اما ابو اسحاق فكان ففيرا، ولو اراده لحملوه على الاعناق، والاخرلو اراده لأمكنه على السندس والاستبرق.
(Ada dua Imam besar yg belum sempat menjalankan ibadah haji, yaitu imam Abu Ishaq as-Syiroziy & Qodli qudlot (gelar hakim tertinggi) Abu Abdillah Addamighoni. Imam Abu Ishaq lantaran pilihan hidup beliau sebagai orang miskin, andai beliau mau, pastilah penduduk kota tempat beliau menetap akan berebut memberangkatkannya, Sedang Imam Abu Abdillah lantaran kesibukannya sebagai hakim tertinggi yg tidak memberinya kesempatan untuk menunaikannya).
Padahal Imam Abu Ishaq dalam kitab al MUHADZAB nya demikian luas & detail sekali penjabaran beliau terkait ritual ibadah haji yg jauh lebih lengkap dibanding buku2 panduan haji milik KBIH manapun, bak seorang yg sudah puluhan kali menjalankan ibadah haji. Dalam menjelaskan tempat2 bersejarah di tanah harampun demikian gamblang sekali,seakan beliau melihat langsung tempat2 itu & memang begitulah adanya. Dalam ktb karomatul aulia disebutkankan bahwa diantara beliau, bisa melihat langsung masjidil haram dan ka’bahnya dari kediaman beliau di Baghdad.

Baca Juga  ASAL USUL HALAL BIHALAL

Melihat kelebihan & keutaman beliau2 semua, tidak menutup kemungkinan jika beliau2 sebenarnya sudah menunaikan ibadah haji meski tidak melalui cara2 yg biasa ditempuh oleh manusia pada umumnya walau secara lahiriah mereka terlihat belum melakukannya, Atau paling tidak, beliau2 itu semua sudah dicatat oleh Alloh swt sebagai hamba2 yg sudah menjalankan ibadah haji yg jauh melebihi derajat orang2 yg sudah berulang kali menjalankan ibadah haji sekalipun. Wallohu A’lam.
اعاد الله علينا من بركاتهم وكرامتهم واسرارهم وشفاعتهم في الدنيا والاخرة آمين.

(red abi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan