fbpx
Menu
Suara Santri Suara Hati

Kabut Taktis: Rusia Manfaatkan Asap Tebal untuk Lindungi Pasukan dari Drone

  • Bagikan
Foto: Tangkapan Layar The Wrong Side via Telegram Rusia gunakan tabir asap untuk melindungi pasukannya dari serangan drone, ini merupakan inovasi lain yang mereka hadirkan di medan perang.
Foto: Tangkapan Layar The Wrong Side via Telegram Rusia gunakan tabir asap untuk melindungi pasukannya dari serangan drone, ini merupakan inovasi lain yang mereka hadirkan di medan perang.

.com – Di tengah gema pertempuran yang tak kunjung reda, kembali mengaktifkan taktik lama yang terbukti efektif: penggunaan tabir asap. Bukan hanya sekadar manuver defensif, langkah ini merupakan bagian dari yang lebih besar untuk mengelabui pengintai modern.

Dalam beberapa insiden terbaru, Rusia telah menggunakan tabir asap untuk melindungi infrastruktur vital seperti Jembatan Kerch dari rudal Ukraina. Asap tebal yang dihasilkan tidak hanya mengaburkan pandangan, tetapi juga mengacaukan sistem navigasi drone First Person View (FPV) dan drone pengintai artileri, yang menjadi mata dan telinga di medan .

khusus yang dikenal sebagai TDA-3 menjadi pionir dalam ini. Dengan platform truk KamAZ-5350 6×6, kendaraan ini dilengkapi dengan tiga modul utama yang memungkinkan pembuatan asap dalam skala besar. Dari unit daya tambahan hingga tangki berkapasitas ribuan liter, TDA-3 dirancang untuk menciptakan dinding asap yang dapat bertahan hingga enam jam lamanya.

Baca Juga  Barisan Wanita Cerdas: Mengungkap Prestasi Mereka yang Menginspirasi

Meskipun belum banyak digunakan di Ukraina, keberadaan TDA-3 telah menimbulkan kekhawatiran akan penggunaannya yang lebih luas di masa depan. Sebagai respons, Ukraina juga telah mengadopsi taktik serupa, meskipun dengan kemampuan yang lebih terbatas.

Saat Rusia bergerak ke barat dan Ukraina mempertahankan posisi defensif, penggunaan asap tebal ini tidak hanya menjadi alat untuk maju, tetapi juga simbol dari perang yang semakin bergantung pada teknologi. Dan di tengah kecanggihan senjata modern, terkadang solusi seperti asap dapat menjadi kunci untuk bertahan hidup di medan perang yang dengan ‘hantu' drone. (AI Sorban)

  • Bagikan
Situs ini melarang klik kanan
Maaf, situs ini mematikan pilihan
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan CUT."
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan inspeksi elemen."
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan untuk melihat sumber."