Ini Alasan dan Fakta Kenapa Tahun 571 M Disebut Tahun Gajah

  • Bagikan
SORBAN SANTRI

SORBAN SANTRI

sorbansantri.com – Mengapa tahun 571 dinyatakan sebagai tahun gajah? Mungkin diketahui generasi XYZ, dan saya tertarik untuk membahas ini karena ada pertanyaan dari quiz. Tidak bisa dipungkiri jika banyak orang yang tertarik dengan perjalanan , ilmu sejarah maupun -kisah peradaban jaman kuno.

Alasan mengapa tahun 571 Masehi disebut sebagai tahun gajah? karena dulunya tentara “Abraha al-Abyssinian” ingin menyerang Ka'bah pada tahun 571 Masehi, dimana seluruh Abraha al-Abyssinian semuanya menggunakan gajah sebagai armada perangnya.

Meskipun memiliki banyak pasukan akan tetapi, segala upaya jahat yang dilakukan Abraha al-Abyssinian semuanya menjadi sia-sia karena ia tidak mampu menghancurkan Ka'bah dan menjajah suku Quraisy.

Baca Juga  NU GARIS LURUS MENCERMINKAN SIAPA DI BELAKANGNYA

Dalam beberapa catatan mengatakan, tujuan Abraha al-Abyssinian ingin menghancurkan Ka'bah adalah untuk menaklukkan orang-orang suku Quraisy dan Orang-orang Arab di Mekah, dan kemudian ingin menjajah mereka dan tunduk kepadanya.

Abd al-Muttalib yang merupakan penguasa suku Quraisy (suku Ibrahim) saat itu dia memiliki beberapa unta dan kemudian Abraha al-Abyssinian ingin mengambilnya secara paksa. Kemudian Tuhan diceritakan, mengirimkan segerombolan burung yang membawa pecahan kecil dan menurut Surah Al-Fil batu Sijjil (kerikil neraka) dan menjatuhkannya ke pasukan Abraha al-Abyssinian dan kemudian mereka pun gagal menyerang dan merampas unta milik Abd al-Muttalib.

Kemudian tahun 571 disebut sebagai tahun gajah, tahun gajah juga tertulis di ayat suci Al-Qur'an dalam Surah Al-Fil menceritakan tentang kisah penyerbuan dan kegagalan Abraha al-Abyssinian menyerang Ka'bah karena Allah SWT selalu melindungi Ka'bah dari orang-orang yang jahat. (abi sorban)

  • Bagikan
Situs ini melarang klik kanan
Maaf, situs ini mematikan pilihan
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan CUT."
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan inspeksi elemen."
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan untuk melihat sumber."