fbpx
Menu
Suara Santri Suara Hati

PKB dan PKS Bersatu, Khofifah Hadapi Lawan Tangguh di Pilgub Jatim 2024

  • Bagikan
SORBANSANTRI.COM
Ikuti Golkar, Gerindra Akan Usung Khofifah-Emil di Pilkada Jatim 2024

.com – Dalam perkembangan terbaru, kekuatan Partai Kebangkitan (PKB) untuk melawan Khofifah Indar Parawansa di Jawa Timur 2024 semakin bertambah. Hal ini dikarenakan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memberikan sinyal kuat untuk bergabung dengan PKB dan membentuk poros baru.

Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera, menegaskan bahwa PKS tidak ingin Khofifah-Emil bertarung tanpa kompetitor yang berarti. Oleh karena itu, PKS dan PKB terus menjalin komunikasi intensif untuk membentuk yang kuat. “Yang paling baik tentu tidak tunggal ya, harus ada kompetitornya. Karena di koalisi pilkada Jawa Timur itu diserahkan ke PKB, kita banyak komunikasi dengan -teman PKB,” kata Mardani saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (20/5/2024).

Baca Juga  Baksos BANSER PAC Mojosari "Bukti" Memasyarakat dan Bermasyarakat

Meskipun nama calon yang akan diusung oleh PKS dan PKB masih dalam tahap pembahasan, PKB sempat mengusulkan nama mantan Ketua , , sebagai kandidat potensial. Namun, Mardani enggan berspekulasi lebih lanjut mengenai calon tersebut, “Namanya belum mengerucut tapi pembicaraan dengan PKB sudah ada.”

Di sisi lain, Ketua DPP Nasdem, Effendi Choirie alias Gus Choi, mengusulkan agar Nasdem, PDIP, dan PKB membentuk poros sendiri untuk menghadapi Khofifah. “Pendapat saya pribadi, sebaiknya bikin poros sendiri, gabung dengan PKB dan PDIP,” ujarnya.

Sementara itu, Partai Gerindra, melalui Ketua Harian DPP Sufmi Dasco Ahmad, memastikan akan mengusung pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak sebagai calon gubernur dan gubernur dalam Pilgub Jawa Timur 2024. Gerindra sedang mempersiapkan surat rekomendasi resmi yang akan diserahkan dalam waktu dekat.

Baca Juga  Kirap Ancak dan Tumpeng Warnai Suasana Meriah Ruwah Desa Wotanmas Jedong

Dukungan terhadap pasangan Khofifah-Emil juga datang dari Partai Golkar. Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, menyerahkan surat keputusan penugasan kepada Khofifah-Emil dan menyatakan bahwa Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang terdiri dari Gerindra, , dan PAN akan mendukung pasangan ini, mengingat kinerja mereka yang memuaskan selama lima tahun terakhir.

Dengan perkembangan ini, Pilgub Jawa Timur 2024 dipastikan akan menjadi ajang pertarungan politik yang menarik dengan potensi koalisi baru yang diusung oleh PKB dan PKS.(AI Sorban)

  • Bagikan
Situs ini melarang klik kanan
Maaf, situs ini mematikan pilihan
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan CUT."
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan inspeksi elemen."
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan untuk melihat sumber."