SORBAN PEDULI Mari!! Berbagi dengan IKHLAS .. dan Membantu TANPA BATAS ...

CYBERASWAJA.ONLINE – Abuya Mama Muhammad Abdul Ghufron A Bantani adalah sosok ulama yang saat ini diakui keberadaannya sebagai himayah atau paku bumi nusantara yang masih hidup.

Ulama yang satu ini sangat jarang dikenali masyarakat Indonesia, bahkan orang Banten sendiri masih sangat banyak yang tak mengenalinya. Dikarnakan Beliau lebih fokus membimbing santri di pesantren dan menciptakan karya2 kitab berbahasa langka yang sekarang bisa dibilang nyaris punah dan sulit ditemukan, seperti Bahasa Suryani dan Bahasa Ibrani. Selain menguasai 2 bahasa ini, Beliau juga mampu menguasai Bahasa Ajam, bahkan Bahasa Seluruh Burung sampai Bahasa Binatang Buas.

Nama asli Beliau adalah Iyus Sugirman, adapun Muhammad Abdul Ghufron Al Bantani adalah julukan disandarkan oleh gurunya Abuya Mama Armin saat Beliau diberi amalan dengan dikubur hidup2 selama 40hari 40malam. Lalu gurunya berwasiat kepadanya.

Saat ini Beliau bertempat tinggal di Malang – Jawa Timur dan mendirikan pesantren disana yang sekarang cabangnya sudah ada dimana mana. Semua pesantrennya serba gratis tanpa dipungut biaya sedikitpun.

Ulama yang satu ini sudah nampak karomahnya sewaktu masih kecil. Banyak sekali keanehan dari diri Beliau yang sulit dicerna akal.

Yang pasti Kyai ini sangat luar biasa. Penampilannya yang sangat bersahaja membuat orang yg melihatnya bergetar, wajahnya yang memancarkan Nur Ilahi, Beliau bagai magnet kehidupan. Meski Beliau termasuk golongan darah biru yang nasabnya tembus ke Prabu Siliwangi melalui Sultan Hasanuddin bin Syarif Hidayatullah, bahkan tembus hingga Rasulillah SAW, namun hidupnya penuh keprihatinan dan sangat sederhana. Padahal jika inging hidup mewah, tentu Beliau sangat bisa. Namun tidak demikian, Beliau lebih memilih kepentingan umat dibanding kepentingan pribadinya sendiri.

Baca Juga  Kyai Kampung Tersingkir Di Tengah Menjamurnya Ustadz Rasa Seleb Bertarif Ratusan Juta

Semoga Beliau diberi umur panjang dan sehat selalu agar terus dapat membimbing kita semua menuju kedamaian dunia hingga keselamatan di akhirat kelak. Aamiin yaa robbal’aalamiin. (ABI-SORBAN )

Tinggalkan Balasan

WhatsApp chat