fbpx
Menu
Suara Santri Suara Hati

Warga Kesemen Ngoro Rayakan Haul Mbah Junggo Jogoreso Dan Mbah Wiro Djoyo Santiko

  • Bagikan
SORBANSANTRI.COM

.Sorbansantri.com – Seseorang yang dianggab berjasa atau orang yang di pandang sebagai sesepuh di suatu daerah pastinya jasanya akan selalu di kenang oleh bahkan mendapatkan tempat yang mulia walau beliau sudah wafat.

Pada selasa (22-03-22) malam warga kesemen mengadakan haul mbah Junggo Jogoreso dan mbah Wiro Djoyo Santiko ke XVII yang bertempat area pesarean di dusun Kesemen Kesemen kecamatan Ngoro kabupaten Mojokerto.
haul ini diadakan warga rutin setiap setahun sekali yang di pelopori oleh KH.Ahmadun Bashori selaku tokoh agama di desa tersebut beserta tokoh pemuda Solehuddin dan juga dari pihak pemerintahan desa kususnya Anton Kurniawan selaku kepala desa setempat dan di dukung oleh tokoh agama yang lainnya.

Tampak hadir dalam acara tersebut diantaranya para tokoh agama, pejabat pemerintahan dan perangkat desa Kesemen, pengurus ranting dan anak ranting desa Kesemen, beserta banom banom nya dan elemen masyarakat sekitar.

Baca Juga  Warga NU Jetis Gelar Sholat Gerhana Bulan

Menurut ustad Khoiron selaku ketua panitia mengatakan “acara ini bertujuan untuk kirim doa kepada leluhur dan pelaksanaanya pun selalu di bulan ruwah atau bulan sya'ban tanggal 20 kalender jawa, atau di 10 hari sebelum datangnya bulan suci romadhon tiba”,sebelum pra acara pengajian umum dari panitia melaksanakan kegiatan pembacaan khotmil qur'an semalam suntuk di mulai ba'da sholat isya' sampai setelah subuh dan hingga hatam, di teruskan malam ini acara puncaknya yakni peringatan pengajian umum yang menghadirkan muballigh dari Mojokerto kyai Mohammad Assa'dullah, yang sebelumnya di awali dengan pembacaan istighosah yang dimpin oleh KH.Ahmadun Bashori, tuturnya

Menurut pak Wagi dan pak Wiyanto selaku juru kunci pesarean mengatakan bahwasanya pesarean mbah Junggo Jogoreso dan mbah Wiro Djoyo Santiko ini sangat keramat sekali dan tak ayal banyak peziarah yang datang baik warga lokal maupun warga yang dari luar daerah dengan ngalab barokahnya dengan mengirimkan doa doa ada juga yang sembari membaca al qur'an ketika berada di dalam area pesarean tersebut.

Baca Juga  DARI JALAN JONGKOK DAN MERAYAP, ERICK THOHIR IKUTI SELURUH RANGKAIAN PENDIDIKAN DI BANSER

Di sekitaran pesarean ada bangunan musholla yang selalu istiqomah di buat sholad berjama'ah yang di pandegani oleh abah Sholeh beserta kawula muda di desa kesemen.

Harapannya semoga dengan acara haul mbah Junggo masyarakat desa kesemen dan sekitarnya semakin guyub, dan mudah mudahan selalu di beri kesehatan, umur panjang serta rizki untuk bekal hidup sehari harinya.

(Hasan-Ngoro)

  • Bagikan
Situs ini melarang klik kanan
Maaf, situs ini mematikan pilihan
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan CUT."
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan inspeksi elemen."
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan untuk melihat sumber."