fbpx
Menu
Suara Santri Suara Hati

Tantangan Ekonomi Indonesia di Masa Kemerdekaan dan Demokrasi

  • Bagikan
SORBANSANTRI.COM

dari Moh. Asyhad (intisari )

sorbansantricom – Moh. Habib Asyhad memaparkan beberapa faktor yang menyebabkan buruknya perekonomian pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin.

  1. Pembangunan Proyek Politis: Salah satu penyebab buruknya ekonomi adalah penggunaan APBN untuk proyek-proyek mercusuar yang lebih bersifat politis, mengabaikan pembangunan ekonomi yang substansial.
  2. Intervensi Asing: Selain itu, intervensi ekonomi dari pihak asing juga berkontribusi terhadap kemerosotan ekonomi Indonesia.
  3. Kondisi Ekonomi di Masa Demokrasi Terpimpin: Pada masa ini, kondisi ekonomi Indonesia mencapai terendah. Ekspor dan investasi merosot, cadangan devisa menipis, dan inflasi melonjak.
  4. Ekonomi Terpimpin: Sistem ekonomi terpimpin yang dianut pada masa itu juga menjadi kendala. Dalam sistem ini, semua aktivitas ekonomi dipusatkan di pemerintah pusat, menghambat pertumbuhan ekonomi daerah.
  5. Pengeluaran Tidak Produktif: Pengeluaran pemerintah yang tidak produktif untuk proyek mercusuar seperti Ganefo dan Conefo juga memperburuk keadaan ekonomi.
  6. Defisit Anggaran dan Inflasi: Defisit anggaran yang meningkat drastis dan tingginya tingkat inflasi semakin memperparah kondisi ekonomi.
  7. Pengeluaran Tak Terkendali: mengalokasikan dana yang besar untuk menunjukkan kehebatan Indonesia, namun pengeluaran tersebut tidak diarahkan pada pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.
  8. Penolakan Bantuan Asing: Penolakan bantuan asing, seperti yang dilakukan Soekarno terhadap bantuan dari IMF, juga menghambat upaya pemulihan ekonomi.
  9. Krisis Moneter: Situasi moneter yang memburuk ditandai dengan tingginya tingkat inflasi dan penurunan pendapatan per kapita.
Baca Juga  Ketua Ansor Jember Dibunuh PKI

Dengan mengungkap faktor-faktor ini, Moh. Habib Asyhad memberikan wawasan mendalam tentang kompleksitas dan tantangan yang dihadapi dalam upaya membangun ekonomi Indonesia pada masa-masa awal kemerdekaan. ( )

  • Bagikan
Situs ini melarang klik kanan
Maaf, situs ini mematikan pilihan
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan CUT."
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan inspeksi elemen."
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan untuk melihat sumber."