SUKSES ADAKAN RAPAT KERJA, DAARUL QURAN SURAKARTA ( DQS ) CANANGKAN 9 PROGRAM SPESIAL

  • Bagikan
SORBAN SANTRI
Acara Infokom

sorbansantri.com – Sabtu, 25 Juni 2022, 42 Asatidz dan Asatidzah Pesantren Daarul Qur'an Surakarta ( DQS ) mengadakan Rapat Kerja Tahunan. Rapat Kerja yang dipimpin langsung oleh Kepala Pimpinan Dewan Asatidz yaitu KH. Rd. Ahmad Muhamad Mustain Nasoha, S.H., M.H., M.A Al ini dihadiri 3 anggota Pimpinan Dewan Asatidz, mereka KH. Syarul Afrizal Sitorus, Lc, M.H. Al Hafidz, KH. Amir Ma'ruf, Lc, M.Pd Al Hafidz dan Nyai Hj. Heni Purwanti, Lc, MA. Al Hafidz.

Acara Raker yang dilaksanakan dengan penuh semangat dan solusi yang solutif ini dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut, acara diawali Penentuan Arah Kebijakan Pimpinan Dewan Asatidz yang dilaksanakan pada Kamis, 23 Juni 2022 di Gedung Utama Fatma Darul Qur'an Surakarta.

Pada hari kedua acara dilanjutkan Rapat Komisi. Rapat Komisi dilaksanakan pada Jumat, 24 Juni 2022 di tiga tempat berbeda, adapun Komisi pertama adalah komisi Tahfidz dipimpin oleh KH. Amir Ma'ruf, Lc, M.Pd Al Hafidz yang dilaksanakan di Colomadu, Karanganyar, Komisi kedua adalah Komisi Kesantrian dan Bahasa Asing yang dipimpin oleh KH. Syahrul Afrizal Sitorus, Lc, M.H. Al Hafidz dan Nyai Hj. Heni Purwanti, Lc, M.A Al Hafidz dilaksanakan di Aula Maryam Kabupaten Karanganyar sedangkan Komisi tiga adalah komisi Tarbiyah dan Madrasah dipimpin oleh KH. Raden Ahmad Muhamad mustain Nasoha, S.H, M.H., M.A. Al Hafidz di Kecamatan Laweyan, Surakarta.

Baca Juga  PEMAKAMAN KASATKORNAS BANSER Ir. H. ALFA ISNAINI, M.Si

Pada hari ketiga, Rapat puncak sinkronisasi program 3 komisi yang dilaksanakan di Aula Ahmad Maryam, Pondok Pesantren Darul Quran Surakarta, acara puncak ini dihadiri Sesepuh Pondok Putri yaitu Ibunda Hj. Endang Trihayutiningsih, Ibunda Hj. Siti Imsyawati Maulidya dan Ibunda Hj. Siti Wahyuni.

Adapun 9 program spesial diputuskan dalam rapat kerja yang berjalan secara demokratis ini :

  1. Darul Qur'an Surakarta ( DQS ) pada tahun 2022 membentuk Madrasah Diniyyah Awaliyyah ( MDA ), Madrasah Diniyyah Wustho ( MDW ) dan Madrasah Diniyyah Ulya ( MDU ).
  2. Darul Qur'an Surakarta ( DQS ) meluncurkan program MASBRO ( Majelis Sholawat Kubro ), setiap Ahad pertama akan diadakan Pembacaan Maulid Nabi dan Pengajian Umum yang ditujukan untuk seluruh Keluarga Besar Daarul Qur'an Surakarta, wali santri dan Masyarakat Umum.

  3. Darul Qur'an Surakarta ( DQS ) mengadakan Pengajian Kitab Ihya Ulumuddin untuk para ustadz/dzah dan Kitab Ta'lim Muta'lim untuk seluruh santri putra dan putri dalam rangka meningkatkan kwalitas ruhaniyyah, adab, akhlak, Suluk dan tasawuf keluarga Besar Pondok Pesantren Darul Quran Surakarta ( DQS ).

  4. Darul Qur'an Surakarta ( DQS ) mengadakan program Tahsin dan Tahqiq Jama', yaitu program pemantapan Makhorijul Huruf dan Tajwid yang diampu langsung oleh KH. Amir Ma'ruf, Lc, M.Pd. Al Hafidz.

  5. Program Kesantrian Reborn yang akan mengadakan program baru seperti ekstra Renang, Ekstra memanah, ekstra Berkuda dan Pencak silat Pagar Nusa yang bersanad ke Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. Adapun program Kesantrian akan digawangi oleh KH. Syahrul Afrizal Sitorus

  6. Mengadakan Program penerapan berbahasa dan Inggris bagi seluruh santri dibimbing oleh para asatidz alumnus Timur Tengah. Program ini digawangi oleh Nyai. Hj. Heni Purwanti, Lc, M.A.

  7. Mujahadah yaitu program Riyadhoh dalam rangka peningkatan keberkahan ilmu para santri, program ini diadakan atas perintah Ketua Yayasan Darul Quran Surakarta ( DQS ) KH. Drs. Adib Aji Putra, M.M., Pimpinan Dewan Asatidz merumuskan Mujahadah meliputi antara lain Muqodaman rutin Khataman 30 Juz, Ziarah Walisongo, Dzikir Ratib Al Haddad, Yasin- Kamis malam Jumat, Ratib Al-Attos, dan lain-lain.

  8. Membentuk OSDQS ( Organisasi Santri Darul Qur'an Surakarta. Organisasi ini menjadi wadah kreasi dan kreatifitas para santri untuk berkarya, kepemimpinan dan lain-lain.

  9. Semaan Alumni, dalam rangka menjaga hafalan para Alumni maka akan dicanangkan Semaan seluruh Alumni Pondok Pesantren Darul Quran Surakarta. Program ke sembilan ini merupakan usulan dan arahan dari Ketua Pembina Yayasan Darul Quran Surakarta yaitu Bapak H. Slamet Raharjo. Harapan besar dari beliau, agar Alumni yang hafal Al-Quran berpapun juz yang dihafalkan tetap terjaga dengan baik.

Baca Juga  Gunung Ruang Erupsi, Status Naik Jadi Awas: Masyarakat Diminta Waspada

Semoga Pondok Pesantren Darul Quran Surakarta semakin maju dan semakin . Amin

Program ini akan dilaksanakan setelah dilaksanakannya Rapat Besar Pimpinan Pondok Pesantren dan Yayasan Daarul Qur'an Surakarta. (abi sorban)

  • Bagikan
Situs ini melarang klik kanan
Maaf, situs ini mematikan pilihan
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan CUT."
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan inspeksi elemen."
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan untuk melihat sumber."