fbpx
Menu
Suara Santri Suara Hati

Membongkar Kontroversi: Tantangan dan Polemik dalam Kiprah Politik Nahdlatul Ulama

  • Bagikan
SORBANSANTRI.COM

.com – Dalam sejarahnya, NU punya andil besar dalam berpolitik.

Berikut akan dipaparkan beberapa moment sejarah yang bersingungan dengan  yang dilakukan oleh NU dalam perkembangan sejarahnya. Bukti sejarah ini tentunya merupakan interpretasi penulis yang dikaitkan dengan kebangsaan organisasi Islam terbesar di Indonesia

A. Penetapan Dar al-Islam

Dalam muktamar XI tahun 1938 di Banjarmasin, NU memutuskan bahwa negara dan tanah air dijaga menurut fiqih.5 Hal ini berdasar pada persoalan status negara Indonesia dalam perspektif syariah. Berpedoman pada Bughyah al-Murtasyidin, Muktamar kemudian memutuskan bahwa sesungguhnya negara Indonesia merupakan , dar al-Islam. Dalam tradisi fiqih politik, dikenal tiga jenis negara, yakni: dar al-Islam (negara Islam), dar al-sulh (negara damai) dan dar al-harb (negara ). Konsepsi bentuk negara Islam menuntut untuk dipertahankannya negara dari luar, karena merupakan perwujudan normatif dan fungsional dari cita-cita negara.

Baca Juga  MENYERANG PEMERINTAH DALAM KESEMPITAN

Dampak dari penetapan negara Islam ini adalah memberikan legitimasi bagi para orang-orang NU untuk secara aktif dalam kemerdekaan. Cita-cita mewujudkan kemerdekaan secara tersirat dan pasti terkandung dalam konsepsi ini. Sehingga, kemerdekaan menjadi keniscayaan, dan merupakan manifestasi dari ajaran agama.

  • Bagikan
Situs ini melarang klik kanan
Maaf, situs ini mematikan pilihan
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan CUT."
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan inspeksi elemen."
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan untuk melihat sumber."