Bertani Sebagai Solusi Jangka Panjang untuk Menghadapi Masalah Dirumah Aja

  • Bagikan
SORBAN SANTRI

SORBAN SANTRI

SORBAN Infokom – Banyak dari kita yang akibat Pandemi Corona 2019 ini mengalami keterpurukan.

Bisa dibayangkan gan jika banyak dari kita yang tidak dapat karena tidak ada lagi penghasilan, terutama yang di PHK dan yang sebagai pekerja harian, tidak lagi lancar dalam mengumpulkan uang untuk memenuhi hidup.

Jika kita hanya meratapi nasib kita saat ini, kita hanya bisa mengeluh dan memikirkan kapan keadaan buruk ini cepat berlalu, dengan perut kosong dan dompet kering. tanpa kita bisa berpikir mengapa kita memikirkan keadaan yang buruk ini, sedangkan keadaan buruk ini tidak sedikitpun memikirkan kita?

dari berbagai artikel yang saya baca ada kalimat yang sangat menarik dibenak saya bahwa saat ini kita dituntut untuk “BERUBAH atau PUNAH”

dibalik begitu terpuruknya perekonomian secara keseluruhan, hal itu seperti dua sisi mata uang yang dimana ada keterpurukan yang kita saksikan maupun rasakan sendiri, disisi lain ada peluang yang bisa kita gapai dengan berusaha.

Saya membayangkan kita seperti layaknya dinosaurus yang sedang dihantam meteor, ketika seluruh iklim di dunia berubah, hanya akan ada beberapa dinosaurus yang tetap bertahan. Sebagian besar dinosaurus punah akibat mereka kelaparan tidak lagi dapat makan, ada yang mungkin terkena dampak langsung dari meteor.

Cukup yakin jika pada saat itu dinosaurus bisa bercocok tanam dan beternak sendiri makanannya, anak cucu mereka pasti akan tetap ada sampai saat ini. tapi saya rasa tidak mungkin juga, karena dinosaurus memiliki tubuh yang begitu besar dan mau sampai kapan makanannya siap untuk memenuhi kebutuhannya. Bersyukur sekali karena kita sebagai manusia, memiliki tubuh yang tidak sebesar dinosaurus (tidak semua dinosaurus besar).

Baca Juga  CIRI-CIRI LAILATUL QODAR

Jadi apa inti dari semua diatas?

Saat ini kita bekerja untuk mendapatkan gaji, dan gaji kita pakai untuk bayar listrik, , cicilan motor, cicilan mobil, cicilan rumah dan itu mungkin yang kita kuatirkan sehingga fokus kita hanya memikirkan keterpurukan tersebut.

dasarnya kita Sebagai makhluk hidup, sudah terlalu kompleks akibat berkembang dan muncul kebutuhan-kebutuhan kita yang beraneka ragam. yang secara sederhana untuk tetap bisa hidup kita hanya perlu makan dan minum. untuk memenuhi itu kita tentunya perlu kemauan dan berusaha.

Bagaimana bisa kita makan dan minum jika kita tidak memiliki penghasilan yang cukup?

Jelas bisa, dari sekarang kita sudah harus bisa menghasilkan kita sendiri. manfaatkan yang tersedia saat ini untuk kita gunakan untuk mencari tahu bagaimana cara kita bisa menghasilkan makanan kita.

 

Mumpung kita masih punya akses Internet dan Listrik.

a. Kita bisa menanam sayuran dan buah dirumah secara hidroponik, aquaponic bahkan yang memiliki tetap bisa menanam seperti sediakala di tanah. untuk bisa menghasilkan sayuran sendiri paling tidak waktu yang dibutuhkan paling lama 1 bulan untuk bisa panen, tergantung dari jenisnya.

Baca Juga  Ada 2500 BANSER Dan 19 Kali Diklat DTD 1 Susbalan Diadakan di Mojokerto

b. Kita bisa memelihara ikan atau ayam untuk konsumsi

apa yang kita butuhkan untuk semua itu?

  • Lahan
  • Pakan & Nutrisi
  • Pengolahan (sebelum dikonsumsi kita bisa olah terlebih dahulu supaya bisa lebih tahan lama)
  • Market Place (kaskus FJB, tokopedia, bukalapak, shopee)

dimana bisa dapat itu semua?
saat ini online marketplace masih berfungsi, kita bisa cari kebutuhan bibit, nutrisi atau pakan dari sekarang.
mungkin banyak dari kita yang terbatas uangnya untuk membeli bibit dan nutrisi atau pakan itu.
Ini saatnya bagi kita yang berlebih kita bisa bantu saudara-saudara kita untuk mendapatkannya.

bagaimana caranya?
Mumpung akses internet masih ada gan, semua bisa agan cari tahu.  bisa tanya ke om google.

Semua yang kita hasilkan kita bisa gunakan untuk memenuhi kebutuhan kita, kemudian lebihnya kita bisa barter, sumbangkan dan jual di marketplace.

Ini solusi jangka panjang gan, untuk bantuan kebutuhan pokok bagi mereka yang benar-benar membutuhkan harus tetap disalurkan tetapi solusi ini adalah baik jika diterapkan untuk jangka panjang. karena tidak mungkin kita hanya berdiam diri hanya menunggu bantuan datang. (abi-sorban)

 

  • Bagikan
Situs ini melarang klik kanan
Maaf, situs ini mematikan pilihan
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan CUT."
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan inspeksi elemen."
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan untuk melihat sumber."