fbpx
Menu
Suara Santri Suara Hati

Pandemi Corona Puasa Ramadhan Tak Bisa Diganti Fidiah

  • Bagikan
SORBANSANTRI.COM

SORBANSANTRI.COM

- Majelis Ulama (MUI) Pusat menyebut situasi pandemi virus Corona (-19) tak dapat dijadikan untuk tidak melaksanakan puasa Ramadhan. MUI menegaskan puasa tidak bisa diganti dengan membayar fidiah apabila masih dalam kondisi sehat.

“Jadi tak bisa karena pendemi lalu puasa Ramadhan diganti dengan bayar fidiah,” kata juru bicara COVID-19 MUI Cholil Nafis lewat keterangan tertulisnya, Rabu (22/4/2020).

Cholil mengatakan, menjalankan puasa Ramadhan wajib hukumnya walaupun virus Corona sedang mewabah. Dia mengingatkan dampak positif puasa untuk tubuh.

“Pandemi COVID-19 tak ada halangan untuk melaksanakan ibadah. Ayo tetap puasa karena puasa itu menyehatkan,” ujar Cholil.

Cholil menegaskan MUI belum pernah menerima permintaan fatwa terkait pembayaran fidiah untuk menggantikan puasa selama . Dia menekankan bahwa MUI tidak akan mengeluarkan fatwa terkait hal tersebut.

Baca Juga  Kontroversi Ibadah Pembebasan Keuangan: Pastor Garren Lumoindong Meminta Jamaahnya Tabur Uang dalam Ceramah

“Sebenarnya MUI belum pernah menerima atau permintaan fatwa secara resmi dari manapun untuk menetapkan hukum fiiyah menggantikan kewajiban puasa Ramadhan karena mewabahnya pandemi COVID-19,” terang Cholil.

“Dan, seandainya ada yang bertanya saya yakin MUI tak akan mengkajinya apalagi sampai mengeluarkan fatwanya,” imbuhnya.

Dia menjelaskan penerbitan fatwa oleh MUI harus berdasarkan Al-Qur'an. Cholil menyebut penerbitan fatwa tidak bisa berdasarkan pesanan.

“Fatwa dikeluarkan karena ada yang meminta fatwa dan dasarnya keputusan fatwa adalah dalil Al-Qur'an dan hadis. Jadi keputusan fatwa tak bisa dipesan seperti toko daring tapi keputusan fatwa sesuai nilai dan prinsip hukum Islam,” jelasnya.

puasa ramadhan 29 apa 30 hari ? karena nabi banyaknya 29

Baca Juga  Perubahan Dukungan Gus Muhdlor ke Prabowo-Gibran Pasca OTT KPK

karena hitungan corona banyak simpang siur dan sendiri, gw jadi ragu kalo sistem penjadwalan puasa disini akurat. (SUMBER. DETIK)

  • Bagikan
Situs ini melarang klik kanan
Maaf, situs ini mematikan pilihan
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan CUT."
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan inspeksi elemen."
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan untuk melihat sumber."