fbpx
Menu
Suara Santri Suara Hati

MASJID PAJIMATAN IMOGIRI

  • Bagikan
SORBANSANTRI.COM
Masjid Pajimatan masih sama seperti yang dulu

orbansantri.com Kagunan Dalem Pajimatan Imogiri dibangun pada tahun 1632 M pada Sultan Agung Hanyakrakusuma, Raja Mataram ke III.

terletak di kompleks Astana Imogiri tetapi letaknya dibawah dan jarak dengan Kompleks Pemakaman sekitar 500 meter dan dari masjid harus menaiki sekitar 415 tangga.

Awalnya bangunan ini dibangun dari bahan-bahan kayu jati dan tembok yang dibuat atas susunan bata dengan spesi atau lepa yang terbuat dari komposisi (adonan) berupa pasir, gamping (kapur), dan batu bata yang dihancurkan (digiling). Sebagai penutup atap bangunan dulunya digunakan genteng sirap. Dalam perkembangannya atap sirap digantikan dengan seng gelombang.

Baca Juga  Habib Umar bin Hafidz tentang Indonesia yang Diberkahi Allah

Bangunan Masjid Pajimatan Imogiri dapat dikatakan tidak begitu luas. Hal ini disebabkan karena Masjid Pajimatan Imogiri di atas tanah yang hanya memiliki luas + 600 meter2. Adapun ruang utamanya memiliki luas + 10 x 6 meter2, sedangkan serambinya memiliki luas + 6 x 3 meter2. Pada bagian depan masjid terdapat halaman seluas + 80 meter2 dan kolam yang dahulu berfungsi sebagai di sisi selatan.

  • Bagikan
Situs ini melarang klik kanan
Maaf, situs ini mematikan pilihan
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan CUT."
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan inspeksi elemen."
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan untuk melihat sumber."