Sholawat Jibril: Keutamaan dan Makna Kehadiran Sholawat yang Menyentuh Hati

  • Bagikan
SORBAN SANTRI
Ijazah sholawat jibril

sorbansantri.com – Dalam Islam, sholawat merupakan dan pujian yang diucapkan untuk memuliakan Nabi SAW. Namun, ada satu jenis sholawat yang memiliki dan keutamaan tersendiri, yaitu Sholawat Jibril. Sholawat ini dinamakan demikian karena pertama kali diucapkan oleh saat membisiki Nabi Adam AS sebagai mahar untuk mempersunting Siti Hawa.

Menurut Kitab Bada'i al-Zuhur, saat Nabi Adam bertanya tentang mahar untuk mempersunting Siti Hawa, Allah menjawab bahwa maharnya mereka dari pohon gandum. Kemudian, Allah memerintahkan Nabi Adam untuk membaca Sholawat kepada kekasih-Nya, yaitu Nabi Muhammad SAW. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya sholawat dalam hubungan antara manusia dan Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga  Pembukaan Porsadin Kabupaten Mojokerto Disambut dengan Tari Sufi dan Safin

Sholawat Jibril memiliki banyak keutamaan, seperti yang disebutkan dalam Kitab Afdholus Sholawat:

  1. Dibukakan 70 Pintu Rahmat: Rasulullah SAW bersabda bahwa barang siapa yang membaca sholawat ini, akan dibukakan tujuh puluh pintu rahmat dari Allah, dan Allah akan meletakkan kecintaan-Nya pada manusia.
  2. Mendekatkan kepada Rasulullah SAW: Sholawat ini juga memiliki manfaat untuk mendekatkan kita kepada Rasulullah SAW, sehingga kita dapat meraih syafaat beliau di akhirat.
  3. Perlindungan dan Rezeki Berkah: Membaca sholawat Jibril juga diyakini dapat memberikan perlindungan dari Allah dan rezeki yang berlimpah.

Para ulama menyimpulkan bahwa sholawat Jibril memiliki beragam manfaat, termasuk agar dicintai oleh setiap orang, diberikan rezeki yang berlimpah, memiliki banyak pengikut, selalu diberikan keselamatan oleh Allah, dan lebih mendekatkan kita kepada Rasulullah SAW.

Baca Juga  Puasa Ramadanmu InsyaAllah Lancar dan Sukses! Lakukan 5 Cara Ini Sekarang

Bagi yang ingin mengamalkan sholawat Jibril, dapat mengucapkannya dengan qobiltu, yang artinya diterima. Berikut adalah sanad dan doa khusus untuk sholawat ini, sehingga kita dapat merasakan dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. (AI )

YouTube player
Sorban Santri TV
  • Bagikan
Situs ini melarang klik kanan
Maaf, situs ini mematikan pilihan
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan CUT."
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan inspeksi elemen."
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan untuk melihat sumber."