NAPAK TILAS HARI PAHLAWAN ANSOR BANSER PC KOTA TEGAL

SORBAN SANTRI KOTA TEGAL- Ratusan pemuda anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Gerakan Pemuda Ansor di Kota Tegal, Jawa Tengah, melakukan aksi long march dari Gedung Kantor PCNU Kota Tegal menuju Taman Makam Pahlawan Pura Kusuma Negara. Aksi long march ini dilepas langsung oleh Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Kota Tegal, Sarwo Edi, di halaman Gedung Kantor PCNU, Selasa (10/11 /2020) 20.00 WIB.

“Bismillahirohmanirrohim, merdeka… merdeka…merdeka” demikian Sarwo Edi saat mengangkat bendera Merah Putih tanda pelepasan rombongan.

Kanan-Kiri : Habib Husein Bahir bin Yahya (Kasatkorcab), Sarwo Edi (Ketua PC), Rif’an Afif (Ketua MDS RA)

Menurut Sarwo Edi, aksi long march ini dilakukan sebagai media meresapi spirit perjuangan para pahlawan. “Dahulu para pahlawan tanpa mengenal lelah berjuang untuk kemerdekaan bangsa ini. Perjuangan mereka tidak mudah. Perjuangan mereka disertai pengorbanan harta, raga dan jiwa. Maka dengan long march ini kita berharap bisa mengambil pelajaran betapa berjuang untuk agama, Nusa dan Bangsa mensyaratkan pengorbanan” tutur Sarwo sebelum melepas rombongan.

Baca Juga  PENGAMANAN MALAM TAKBIRAN MUSIM PANDEMI COVID-19 OLEH ANSOR BANSER  PACET

Rombongan peserta dipimpin langsung oleh Kasatkorcab Banser Kota Tegal, Habib Husein Bahir bin Abu Bakar bin Yahya, langsung bergerak berjalan kaki menuju TMP Pura Kusuma Negara melalui rute Jl. Wisanggeni, Jl. Nakula, Jl. Nusa Indah, Jl. Kemuning, Jl. Tanjung, Jl. Cempaka, dan Jl. Melati. Meski berjalan kaki, para peserta tetap semangat mengibarkan bendera Merah Putih sambil menyanyikan lagu-lagu perjuangan. Aksi jalan kaki ini pun menarik perhatian dari masyarakat maupun pengendara yang kebetulan melintas.

Tiba di makam pahlawan, para peserta langsung melakukan doa bersama dan tabur bunga. Sebagaimana tradisi warga NU, doa dalam ziarah tersebut diawali dengan pembacaan tahlil. “Ziarah dan doa ini sebagai salah satu wujud terima kasih kita kepada para pahlawan. Kenikmatan hidup yang kita rasakan ini tidak lepas dari jasa mereka” kata Habib Husein.

Baca Juga  Makna Filosofi Logo Harlah ke-95 Nahdlatul Ulama

Menurut Habib Husein, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional yang jatuh setiap tanggal 10 November. Selain itu, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meneguhkan rasa cinta kepada tanah air,” Dengan berziarah ini setidaknya kita jadi ingat kembali bahwa para pahlawan telah memberi teladan betapa pentingnya mencintai tanah air. Maka kita sebagai generasi pewaris harus meneruskan perjuangan mereka dengan menjaga keutuhan dan kedamaian negeri ini, serta menghalau segala upaya yang bertujuan menghancurkan negeri kita tercinta” pungkasnya. ( MOCH KURNIAWAN)

Tinggalkan Balasan