fbpx

Membongkar Kontroversi: Tantangan dan Polemik dalam Kiprah Politik Nahdlatul Ulama

  • Bagikan
SORBANSANTRI.COM

sorbansantri.com – Dalam sejarahnya, NU punya andil besar dalam berpolitik.

Berikut akan dipaparkan beberapa moment sejarah yang bersingungan dengan  yang dilakukan oleh NU dalam perkembangan sejarahnya. Bukti sejarah ini tentunya merupakan interpretasi penulis yang dikaitkan dengan organisasi terbesar di Indonesia

A. Penetapan Dar al-Islam

Dalam muktamar XI tahun 1938 di Banjarmasin, NU memutuskan bahwa negara dan tanah air wajib dijaga menurut .5 Hal ini berdasar pada persoalan negara Indonesia dalam perspektif syariah. Berpedoman pada kitab Bughyah al-Murtasyidin, Muktamar kemudian memutuskan bahwa sesungguhnya negara Indonesia merupakan negara Islam, dar al-Islam. Dalam tradisi fiqih politik, dikenal tiga negara, yakni: dar al-Islam (negara Islam), dar al-sulh (negara damai) dan dar al-harb (negara perang). Konsepsi bentuk negara Islam menuntut untuk dipertahankannya negara dari serangan luar, karena merupakan perwujudan normatif dan fungsional dari cita-cita negara.

Baca Juga  BANSER Mojosari : "Ber-Khitmad Menjaga Keutuhan NKRI Serta Menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama"

Dampak dari penetapan negara Islam ini memberikan legitimasi bagi para orang- untuk berjuang secara aktif dalam pergerakan . Cita-cita mewujudkan kemerdekaan secara tersirat dan pasti terkandung dalam konsepsi ini. Sehingga, perjuangan kemerdekaan menjadi keniscayaan, dan merupakan manifestasi dari ajaran .

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan