Tribute to Riyanto Banser NU

  • Bagikan
SORBAN SANTRI

Alfatihah……

Mengenang 19 tahun lalu Desember pada tahun 2000, tak banyak orang yang tahu aksi pahlawan ini. Kisah yang karena ledakan bom teroris untuk selamatkan jemaat di Gereja Eben Haezer.
Pada malam itu, Riyanto merupakan salah satu dari empat orang Banser NU yang dikirim untuk menjaga Natal.
Lelaki kelahiran Kediri, 23 November 1975 itu ditugaskan oleh Mojokerto.
Semula, Misa Malam Natal itu berlangsung khusuk, tetapi ternyata hanya berlangsung separuh jalan.
Sekitar pukul 20.30 WIB, seorang jemaat menaruh curiga pada sebuah bingkisan yang tergeletak tak bertuan di depan pintu masuk gereja.

Baca Juga  SUKSES ADAKAN RAPAT KERJA, DAARUL QURAN SURAKARTA ( DQS ) CANANGKAN 9 PROGRAM SPESIAL

Riyanto pun memberanikan diri membuka bingkisan itu. Ia membongkar kantong plastik hitam itu di hadapan petugas gereja, termasuk seorang polisi Polsek setempat. Di dalamnya tampak menjulur sepasang kabel. Tiba-tiba muncul percikan api. Riyanto langsung berteriak sigap, “Tiaraaaapp!” dan kemudian terjadi kepanikan dalam Gereja. Riyanto segera keluar ruangan dan melemparkan bungkusan bom itu ke tong sampah, namun terpental. Ia kemudian berinisiatif mengamankan bom dengan memungut kembali untuk dilemparkan ke tempat yang lebih jauh lagi dari jemaat. Namun, bom meledak dalam pelukan Riyanto sebelum sempat dilempar. Tubuh itu terpental, berhamburan. Sekitar 3 jam kemudian, sisa-sisa tubuh Riyanto baru ditemukan di sebelah utara kompleks gereja, sekitar 100 meter dari pusat ledakan. Jari dan wajahnya hancur, Ia pun meninggal seketika.

Baca Juga  Merajut kebersamaan MWCNU JETIS beserta LEMBAGA dan BANOM Ziaroh wali jatim

Seorang yang beragama Muslim sejati yang rela mengorbankan nyawanya demi menyelamatkan orang lain yang tidak seagama dengannya dan sedang merayakan hari keagamaannya.
Gus Dur pernah berujar, “Riyanto telah menunjukkan diri sebagai umat beragama yang kaya nilai . Semoga dia mendapatkan imbalan sesuai pengorbanannya.”

#TributeToRiyanto

#BanserNU

#HubbulWathonMinalIman

#HaulXllXRiyanto

  • Bagikan
Situs ini melarang klik kanan
Maaf, situs ini mematikan pilihan
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan CUT."
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan inspeksi elemen."
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan untuk melihat sumber."