fbpx
Menu
Suara Santri Suara Hati

PAC GP ANSOR JETIS BERSAMA DPD JULEHA MOJOKERTO ADAKAN PELATIHAN JURU SEMBELIH HALAL

  • Bagikan
SORBANSANTRI.COM

 

Pimpinan Cabang (PAC) pemuda Ansor Jetis melaksanakan Juru Sembelih Halal (JULEHA) di masjid Al Muttaqin perumahan Canggu Jetis Mojokerto pada hari minggu (21/08/2022) dengan mendatangkan pengurus Juleha DPD Mojokerto.

Acara yang di mulai sekitar pukul 09:00 WIB ini di hadiri dari pengurus PAC Jetis, takmir masjid, pengurus ranting NU Canggu dan diikuti oleh kader Ansor dan kader NU yang bertujuan untuk memberikan pemahaman bagai mana cara menyembelih hewan yang benar dan halal.

Ketua panitia M. Khoirul Arif Rifan dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya acara JULEHA terutama pengurus ranting GP Ansor Canggu.

Beliau juga menyampaikan bahwa peserta yang mengikuti selain dari kader Ansor, kader NU Jetis juga ada dari yang hadir dari kader Ansor, kader NU di luar Jetis dengan total jumlah peserta 80 kader.

Baca Juga  Ansor Sahabat Kita

Peserta saat praktek penyembelihan

Gus Sony Mardiyanto selaku ketua DPD JULEHA Kab/Kota Mojokerto dalam sambutannya menyampaikan pentingnya cara menyembelih hewan dengan benar dan halal, mengingat mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam.

Selanjutnya keberadaan Juleha berawal dari keprihatinan tentang banyaknya produk makanan hewan yang disinyalir tidak disembelih sesuai syariat.

Beliau juga menyampaikan bahwa yang dikonsumsi berkaitan dengan perilaku masyarakat, bila daging yang dikonsumsi merupakan makanan haram atau tidak syar'i bisa berakibat menjadikan perilaku yang kurang baik.

Keberadaan JULEHA bertujuan untuk memberi edukasi dan pemahaman pentingnya daging halal, juga menyampaikan pelatihan tata cara penyembelihan secara syar'i diantaranya fiqih sembelihan, pengenalan bilah pisau dan Teknik Handling serta praktek penyembelihan Kambing.

Baca Juga  Keajaiban Ibu: Kekuatan Tak Terbantahkan di Balik Kasih Sayang Tanpa Batas

Untuk itu apabila ada masyarakat yang berminat belajar dan mendapat pelatihan sembelih halal bisa datang ke kantor sekretariat di Gayaman Mojoanyar Mojokerto.

Gus Muzaini salah satu peserta dari Dawarblandong menyampaikan sangat senang bisa mengikuti pelatihan ini dan berharap ada pelatihan lagi karena masih banyak dari kader Ansor, kader NU yang saat ini belum bisa mengikuti.

“Pelatihan JULEHA seperti ini sangat penting karena berhubungan dengan halal haramnya daging hewan yang jadi salah satu makanan utama di masyarakat. Apalagi masyarakat kita kan mayoritas muslim, Jadi ya alhamdulillah akhirnya bisa ikut pelatihan ini” kata Gus Muzaini.

Kontributor Dikin Sorban

  • Bagikan
Situs ini melarang klik kanan
Maaf, situs ini mematikan pilihan
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan CUT."
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan inspeksi elemen."
"Maaf, situs ini tidak mengizinkan untuk melihat sumber."